Kabupaten Tangerang yang Religius, Cerdas, Sehat dan Sejahtera
01 Mar 2024 107 pembaca ADMIN Lingkungan Hidup dan Kebersihan

Sukses Besar! HPSN 2024 Kabupaten Tangerang Meriah Selama 4 Hari, Masyarakat Aktif Terlibat dalam Aksi Lingkungan.

Kabupaten Tangerang, 29-02-2024 - Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2024 menjadi sorotan dengan keberhasilannya menyelenggarakan serangkaian kegiatan selama 4 hari. Masyarakat Kabupaten Tangerang tampak antusias berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan positif demi keberlanjutan lingkungan.

Hari Pertama: Aksi Nyata Peduli Lingkungan

HPSN dibuka dengan kegiatan nyata di lapangan. Tiga kegiatan utama menghiasi hari pembukaan, melibatkan warga untuk bersama-sama membersihkan pantai (Coastal Cleanup), menanam mangrove (Mangrove Planting), dan melaksanakan pelepasan kepiting tapal kuda sebagai simbol keberlanjutan ekosistem pesisir.

Hari Kedua: Sosialisasi Perda untuk Lingkungan yang Lebih Baik

Pada hari kedua, fokus berpindah ke ruang sosialisasi. Para peserta diajak memahami Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Sampah dan Perda Nomor 1 Tahun 2024 tentang Retribusi dan Pajak. Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap peraturan yang mendukung keberlanjutan lingkungan.

Hari Ketiga: Masyarakat Berdaya Melalui Bank Sampah

Hari ketiga diselenggarakan di BPA Workshop Foundation, Kecamatan Legok. Fokus kegiatan adalah sosialisasi peningkatan peran serta masyarakat dalam pengelolaan sampah melalui bank sampah. Para peserta dari berbagai unit bank sampah di seluruh kabupaten turut serta dalam memahami dan meningkatkan perannya dalam mengelola sampah secara berkelanjutan.

Hari Keempat: Penutupan dan Penghargaan untuk Para Pelopor Lingkungan

HPSN 2024 ditutup dengan semarak di Sumarecon Mall Serpong. Acara penutupan melibatkan penyerahan Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas kepada pengurus Bank Sampah Induk Kabupaten Tangerang. Puncak acara adalah pemberian penghargaan kepada mitra dan penggiat lingkungan, termasuk TPS 3R dan pengurus bank sampah yang telah berkontribusi besar dalam menjaga keberlanjutan lingkungan.

Selama empat hari penuh, HPSN 2024 Kabupaten Tangerang sukses menciptakan momentum kepedulian masyarakat terhadap lingkungan, membuktikan bahwa kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan pelaku usaha dapat mencapai perubahan positif untuk masa depan yang lebih hijau.